Selamat Datang

Blog ini memuat Berita & Informasi ringan tentang Kecamatan Kronjo Kabupaten Tangerang, Provinsi BANTEN

Sabtu, 04 September 2010

Pemilihan Kang & Nong (Duta Wisata) Kabupaten Tangerang

Di tengah derasnya arus informasi global melalui teknologi informasi dan makin maraknya tayangan televisi dan film membuat generasi muda sulit menemukan serta mengenali budayanya sendiri. Atas dasar tersebut Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten tangerang yang sekarang berubah menjadi Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Tangerang bermaksud untuk memberikan stimulasi kepada masyarakat terutama generasi muda tentang perlunya pemahaman dan pelestarian budaya melalui visualisasi berupa Pemilihan Kang & Nong Kabupaten Tangerang.

Pemilihan Kang & Nong Kabupaten Tangerang merupakan program yang diadakan secara rutin setiap tahunnya. Sebelumnya ketika Kabupaten Tangerang masih menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tangerang secara rutin menyelenggarakan pemilihan serupa yaitu Pemilihan Mojang Jajaka sampai dengan tahun 1999. Pemilihan sempat vakum sampai tahun 2001 dan baru pada tahun 2002 pemilihan kembali dilaksanakan dengan nama pemilihan Kang & Neng. Kemudian sesuai dengan kesepakatan pihak Provinsi Banten maka mulai tahun 2003 nomenclaturenya diubah menjadi "Kang & Nong". Sejak tahun 2001 Kabupaten Tangerang secara rutin mengirimkan para pemenang Kang & Nong sebagai wakil pada pemilihan tingkat Provinsi Banten.

Adapun maksud dari Pemilihan Kang & Nong ini adalah menyelenggarakan event budaya menjadi sebuah seni pertunjukkan yang menarik serta dapat dijadikan ajang promosi kepariwisataan daerah. Adapun tujuan dari pemilihan ini diantaranya:
  1. Menanamkan pemahaman akan adanya budaya lokal dikalangan generasi muda yang dapat diteladani sehingga menimbulkan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia khususnya sebagai warga Kabupaten Tangerang.
  2. Mencetak Duta Pariwisata dan Budaya Kabupaten Tangerang, tidak hanya cantik diluar tetapi berintelegensi tinggi dan bermartabat.
  3. Menjadi ajang promosi daerah.


1 komentar: